Teori “Cognitive Development”







Jean Piaget, seorang filisuf, ilmuwan dan psikolog, menyatakan bahwa belajar ditentukan karena adanya karsa individu, artinya pengetahuan bisa didapatkan dari individu sendiri, sedangkan lingkungan merupakan faktor sekunder. Jadi, penentu utama untuk keberhasilan suatu pendidikan dan untuk mendapatkan pengetahuan adalah individu itu sendiri.
Pertumbuhan berpikir logis seseorang dari masa bayi hingga dewasa disebut dengan cognitive development atau perkembangan kognitif. Menurut Piaget, perkembangan ini berlangsung melalui empat tahap, yaitu: (1) Tahap Sensorimotor: 0-2 tahun, (2) Tahap Pra Operasional: 2-6 tahun, (3) Tahap Operasi Konkrit: 6-11 tahun, dan (4) Tahap Operasi Formal: 11 tahun sampai usia dewasa.
Semua anak akan melalui keempat tahap tersebut, meskipun mungkin setiap tahap dilalui dalam usia berbeda. Tiap tahapnya akan dimasuki ketika otak sudah cukup matang untuk memungkinkan logika atau operasi jenis baru. Semua anak melalui setiap tingkat, tetapi dengan kecepatan yang berbeda. Jadi, bisa saja anak yang berumur 6 tahun sudah berada pada tingkat operasional konkrit, sedangkan anak yang berumur 8 tahun ada yang masih ditingkat pra-operasional dalam cara berfikir.
Orangtua dan guru perlu memahami bahwa kognisi seseorang berkembang bukan karena menerima pengetahuan dari luar secara pasif, tapi orang tersebut secara aktif mengkonstruksi pengetahuannya sesuai dengan tahap perkembangannya masing-masing sehingga proses pembelajaran pun harus disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemberi Inspirasi (Resensi Buku "Gurunya Manusia")

SCIENCE CLUB EKONOMI MAN 1 PEKANBARU : Belajar bersama, berprestasi, dan bahagia !!!

KARIER PROTEAN GURU