SEKOLAH BERMUTU


Sekolah merupakan sebuah lingkungan dimana anak-akan berinteraksi dengan guru dan teman-temannya untuk bersosialisasi dan mengembangkan potensi dirinya agar siap terjun kemasyarakat...
Karena keterbatasan waktu dan ilmu orang tua untuk memberikan pendidikan yang dibutuhkan anak, maka orang tua mengantarkan anak-anaknya ke lembaga pendidikan yang sering kita sebut sekolah.
Maka sesungguhnya sekolah memiliki tanggung jawab besar terhadap orang tua. Agar dapat memenuhi harapan orang tua sebagai customer sekolah, maka komunikasi dengan orang tua harus terus dilakukan, hal ini penting diperhatikan untuk menjadi sebuah sekolah bermutu.
Mutu sendiri dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang memuaskan dan melampaui keinginan dan kebutuhan pelanggan. Pakar mutu Crosby mendefinisikan kualitas sebagai kesesuaian dengan persyaratan. TQM (Total Quality
Management) diperlukan untuk perluasan dan pengembangan jaminan mutu. TQM merupakan usaha menciptakan sebuah kultur mutu, yang mendorong semua anggota stafnya untuk memuaskan para pelanggan.
Sekolah bermutu adalah sekolah yang berorientasi pada kepuasan orang tua dan siswa secara keseluruhan bukan sekolah yang berorientasi pada kepuasan pimpinan atau atasan. Program-program yang dibuat haruslah program yang komprehensif bagi seluruh siswa, bukan program khusus untuk beberapa kelas atau beberapa siswa. Sehingga ukuran kesuksesan sekolah dapat dilihat dari pencapaian yang peroleh siswa secara keseluruhan bukan dari beberapa siswa yang persentasenya tidak signifikan mewakili gambaran siswa secara keseluruhan.
Bersambung...
(artikel dibawah ini dapat membantu untuk mamahami konsep dan ukuran sekolah yang bagus dan bermutu)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Pemberi Inspirasi (Resensi Buku "Gurunya Manusia")

SCIENCE CLUB EKONOMI MAN 1 PEKANBARU : Belajar bersama, berprestasi, dan bahagia !!!